Peran Tim Sukses

keberhasilan seorang cagub dan cabub tak terlepas dari peran seorang tim sukses, baik yang bejat maupun yang super duper baik. peran seorang tim sukses tidak melulu mempromosikan seorang calon yang ia dukung namun dia juga berperan sebagai pengatur strategi politik untuk meraup suara seeeebanyak-banyaknya. tim sukses sebenarnya di bagi dua, yang pertama disebut tim sukses itu sendiri dan yang kedua adalah tim relawan.
tim sukses adalah tim yang telah di bentuk oleh seorang calon dan wakilnya untuk mengatur dan mengontrol wilayah tempat tujuan suara yang hendak diraup.
tim relawan adalah tim yang yang datang kepada si calon menawarkan bantuan untuk menyukseskan si calon.
tim sukses terdiri dari ketua sekretaris sampai anggota koordinator desa. apabila calon gubernur maka strukturnya mulai dari koorprov, koorcam, koordes. setiap lini berfungsi mengontrol dan memenejemen  lahan garapan masing-masing sampai hari H.
hala yang di khawatirkan oleh masing-masing koordinator adalah istilah serangan fajar, serangan fajar maksudnya membeli suara pada 1-H, hal ini dilarang sebenarnya namun oknum-oknum yang "jahil" tetep saja di gunakan.
tim relawan juga memainkan peran yang sedikit sama dengan tim sukses yang tersetruktur dengan rapi, namun tim sukses ini terdiri dari orang-orang yang vokal dan berpengaruh di masyarakat, tim sukses ini biasanya melakukan pendekantan kekeluargaan, seperti organisasi, marga, dan lain-lain.
tim sukses dan tim relawan mempunyai kepentingan  individu maupun kepentingan kelompok seandainya di masa depan si calon berhasil menjapat.
"kebaikan bisa terkalahkan oleh keburukan yang termenejemen" istilah ini memang sering terjadi, meskipun nyata-nyata si calon adalah orang yang agak XX namun dia menang, kenapa? karena suksesnya karena di menejemen.
semoga money politik di hapuskan dari muka bumi ini amin

Comments