Episode 8 donyok Bermain futsal


Kira-kira sembilan bulan sepuluh hari sudah aku dan donyok beserta penghuni best tidak pernah lagi bermain futsal, ada hasrat dalam jiwa donyok sang pangeran,orang paling ganteng se RW mengajakku terjun kedunia persilatan (futsal). Namunselalu ku tepis ajakannya “buat apa main kalo menang mulu” terakhir kami bertanding melawan bintang selatan futsal U7 tahun Alhamdulillah menang, kemudian melawan putra lembar tingkat TK dan SDkami pun menang, yang terakhir cukup membuat kami kecewa karena mendapat juara dua di turnamen TGB cub melawan KSB dan kebetulan pesertanya Cuma dua, kami mendapat juara dua.
Gafur teman kami, aku dan donyok berkenalan dengannya ketikaseparing melawan klubnya disitupun kami menang. “tutttttttt, tuuuuuuttttt”telpon “tuttttttttt clegeleg”… “halau” donyok mengangkat telpon. Ternyata gafur mengajak aku dan donyok bermain lagi setelah sekian lama fakum dari persepakbolaan. Donyok pun meng iakan.
Lokasi pertandingan di laksanakan di Tempos kecamatan gerungLombok barat NTB, jam 4 teng…. “gus tolong masukin sepatu2 itu dong sekalian persiapin apa yang kita butuhin sementara gue nyari setrategi apa yang haruskita pakai ntar sore lewat mimpi”. Kata donyok kepada ku, “ok nyok” biasalah donyok orangnya misterius apa apa nyarinya lewat mimpi, ia sering bisik-bisikdengn eyang subur…. Uh angker se angker mukanya.
Satu jam berlalu aku masuk kamar sembari mengendap-endap,ternyata dan ternyata donyok malah asik telpon-telponan dengan cewek barunya… “perasaan ceweknya donyok yang ituuuuu itu aja” iya emang sih donyok orangnya setia maksudku yang baru adalah nama ceweknya, maklum donyok orangnya berdarah senigitu sedikit sedikit namanya jo (singkatang jogang) cumeng (cinta untuk muemang!) macan (memang arni cantik) dan masih banyak yang lain.  “astaga takirain udah tidur datang cakre ternyataaaaa……” kataku.  “hidup tanpa cintaibarat sayur tanpa kompor” kata donyok, apa hubungannya “nyok yang ada tuh  sayur tanpa garam” kataku menyanggah. “ituversi gua” twengweng..
Azan asar pun berkumandang waktunya kami bersiap-siapberangkat ke TKP.  Sehabis sholat kamipun mengirimkan message kepada Allah supaya dilindungi gawang kami dari kebobolan kaaabanyakan.  Kancilpun (motor butut) kuseluarin dari bagasi, tampak ia begitu sedih, lusuh tak bersemangat tidak seperti hari-hari sebelumnya…. Aku dan donyok merasakan apa yang kancil rasakan…ia di tinggal pergi oleh Marlena motor butut milik udin.   Entah udin menjualnya kesiapa dan kemana,    sejak saat itu sikancil mendadak turun mesin,flu, pilek, demam, sakit kepala, lengkap sudah penderitaannya, kami pun mencoba beberapa kali membawanya ke Kelinik (bengkel) untuk mengobatinya namun dasar cinta apa mau dikate. hubungan cinta yang terjalin sejak kecil kini kandas di tengah sawah. sempat donyok membujuknya agar melupakan marlena THE FIRST GIRLnya itu. “udalah motor butut seperti dia mah jangan di pikirin, kalo emang dia cinta masti di ngasi kabar dimana ia sekarang ” tapi kancil terus menerus menangis mengeluarkan olinya “yahhh ngetap lagi deh” kata donyok.
Tidak ada pilihan lain lagi kamipun berangkan menggunakan bemo menuju gerung. Sampai di gerung kami melanjutkan perjalanan yang kira-kiramemakan waktu kurang lebih satu sampe sepuluh menit sampai di lokasi.  Sesampai dilokasi kami,. Aku dan donyok disambut teriakan penonton, donyok dan akupun melambai lambaikan tangan , tapi…………………………..  ternyata bukan kami tapi orang lain. (aku dandonyok pun MEMERAH padam kepiting rebus malu, “cabut gus “ kata donyok.
“yak kita lihat sodara-sodara iwan membawa bola di oper keandi dikembalikan ke iwan, kemelut di depan gawang, apa yang terjadisodara-sodara…………………………………… yak berhasil diblok, pertandingan ini semakin lamasemakin serem ditambah ben jadi seremben, yak iwan mendapatkan bola lagi SSSSHUUUUUUUT apa yang terjadi GOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOL GOOOOOOOL …. “

“Semenit lagi tim kita yang akan bertanding kita harus siapsiap” kata gafur. Tak sengaja donyok menoleh kesebuah papan pengumuman yangbertulis “DILARANG BERJUDI DILAPANGAN, DILARANG MEMBAWA MINUMAN KERAS” ….. “aduhgus kenapa kamu bawa es batu, udah aku bilang tadi dirumah jangan bawa yang macem-macem cukup bawa sepatu kaos aja bawel baget sih kamu” kata donyok memarahiku. Aku bingung , suer aku bingung   

Comments